Selamat datang dan bergabung bersama Mahasiswa D3 TKJ Batang

Saturday, April 21, 2007

Tugas Bahasa Indonesia

1.Tema/topik : Kunci Sukses Perikanan di Pasar Global
2. Narasumber : Drs. Setia Simangunsong, MM
3. Pewawancara : Edy Budiyarso
4. Isi wawancara :
a) Pembuka
Perkenalan Bapak Drs.Setia Simangunsong, MM mengenai perjalanannya selama memimpin Departemen Perikanan dan Kelautan.Potensi yang ada dilaut nusantara yang sangat banyak akan hasil lautnya,yang seharusnya dapat memberikan devisa bagi indonesia
b) Isi
Manajemen mutu produksi perikanan dirancang dengan Sistem Manajemen Mutu Terpadu Hasil Perikanan dengan menggunakanempat modul yaitu bahan baku yang bermutu baik, diolah di pabrik yang baik, ditangani oleh orang-orang yang profesional, diyakinkan melalui suatu pengujian di laboratorium, barulah dapat dipastikan mutu perikanannya baik.
peran Direktorat Standarisasi dan Sertifikasi dalam hal pengawasan mutu Direktorat ini membuat standar-standar yang menyangkut bahan baku, standar teknik pengolahan, standar pabrik, standar sanitasi di budidaya dan di kapal, standar pengujian, atau metode pengujian. Standar-standar ini dipakai oleh semua pihak sebagai acuan . dengan cara itulah Direktorat Pengolahan melakukan pembinaan. Apakah standar-standar ini sudah diterapkan, kita kemudian melakukan pengawasan. Pengawasan diwujudkan dalam bentuk sertifikasi. Jadi, ada Sertifikasi untuk Mutu, Sertifikasi Pengolahan, Sertifikasi Kesehatan Produk, dan Sertifikasi Personil.
Jadi perlu adanya penanganan mutu makanan khusus pengolahan ikan yang sangat bermanfaat guna meningkatkan ekspor perikanan keluar negeri seperti Eropa, Amerika dan Negara yang lainnya.Untuk itu Direktorat Standarisasi dan Sertifikasi sangat penting dan harus dijalankan terus.

c) Penutup
Semoga Direktorat Standarisasi dan Sertifikasi harus bias berjalan sesuai dengan apa yang diprogramkan didalamnya dan semoga ekspor Indonesia khususnya bidang perikanan bisa membuahkan hasil yang maksimal.
5. Hal-hal penting
 Manajemen peningkatan mutu produksi perikanan indonesi
 Peran Direktorat Standarisasi dan Sertifikasidalam hal pengawasan mutu
6. Simpulan isi wawancara
Bahwa manajemen peningkatan mutu produksi perikanan itu penting dijalankan guna meningkat kualitas dan kuantitas ekspor Indonesia khususnya dibidang perikanan. Untuk itu pemerintah membentuk Direktorat Standarisasi dan Sertifikasi mutu pangan untuk meningkatkan ekspor guna pembangunan yang sedang digalakan pemerintah.Dan komponen masyarakat dan pemerintah harus bekerjasama untuk meningkatkan mutu ekspor agar nilai ekspor bisa memberikan dana yang cukup untuk pembangunan bangsa.
Demikianlah hasil menyimak wawancara yang saya lakukan,semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Tugas ini dibuat untuk mata kuliah Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan : Menyimak wawancara

No comments: